Cara Membedakan Jenis Kulit Kering dan Berminyak

sumber : pexels.com/ Cottonbro
sumber : pexels.com/ Cottonbro


Siapa sih wanita yang tidak suka terlihat cantik dan menarik? Untuk cantik, diperlukan kulit yang sehat pula. Rupanya, cara merawat kulit juga berbeda tergantung jenis kulitnya. Secara umum jenis kulit dibagi menjadi empat. Ada kulit normal, kering, berminyak dan sensitif. Faktor-faktor yang membedakan jenis kulit ini  sebagai berikut:

·       kadar air, yang mempengaruhi tingkat elastisitas dan kenyamanan kuit

·       tingkat sensitifitas kulit

·       kadar minyak, yang mempengaruhi kelembutan kulit

Kulit berminyak dan kulit kering paling sering ditemui pada anak muda. Sedikit banyak, jika kita tak bisa merawat dengan baik maka bisa berpengaruh pada penampilan kita. Disini, kita bakal bahas ciri-ciri dari dua jenis kulit ini dan bagaimana cara merawatnya jika kamu termasuk memiliki kulit kering atau berminyak.

1.      Kulit kering

Kadang kamu merasa, kulit wajahmu terasa kering dan terlihat kusam hingga terlihat adanya kulit yang mengelupas. Kelembaban alami kulit kering memang kurang dibandingkan kulit normal. Berikut ciri-ciri umum yang terlihat pada jenis  kulit kering :

·       Pori-pori kulit umumnya tidak kelihatan

·       Permukaan kulit kusam atau kasar

·       Bercak merah

·       Kurang elastis

·       Terlihat lebih banyak garis-garis pada kulit

·   Bila terpapar oleh faktor-faktor yang dapat mengeringkan kulit, kulit ini bisa menjadi retak, mengelupas, terasa gatal, iritasi hingga terjadi peradangan.

Perawatan kulit kering

      Kulit kering memang membutuhkan perawatan khusus yang tentu saja berbeda dengan kulit normal atau berminyak. Berikut perawatan kulit kering yang bisa dengan mudah kamu aplikasikan setiap hari untuk mengurangi kulit yang terasa kering.

  1. Jangan mandi terlalu lama karena dapat mengikis kadar minyak kulit. Cukup satu atau dua kali mandi dalam sehari.
  2. Gunakan jenis sabun atau pembersih yang ringan (mild). Jangan menggunakan sabun yang mengandung deodorant atau deterjen.
  3.  Jangan menggosok saat mandi atau ketika mengeringkan badan.
  4. Oleskan pelembab pada kulit setelah mandi.
  5. Gunakan pelembab udara, dan jangan suhu ruangan terlalu panas.
  6.  Menggunakan masker alami. Minimal dua minggu sekali. Misalnya masker dari lemon, alpukat dan tomat. Caranya mudah. Cukup buah dihancurkan lalu dibuat masker dan biarkan hingga kering. Setelah kering, bilas dengan air.

Jika dilakukan dengan rutin, maka kulit kering akan terasa lebih lembab dan segar. Juga terhindar dari kulit kusam.

2.       2. Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak, cukup mengganggu karena lebih mudah berjerawat. Kadar minyak yang dimiliki lebih banyak ketimbang kulit normal. Hal ini bisa dikarenakan faktor genetik. Selain itu, kulit berminyak dapat disebabkan oleh stres dan terpapar oleh panas atau suhu yang terlalu lembab.

Ciri-ciri kulit berminyak :

1.      Kadar minyak berlebih biasanya tampak pada “T-zone” di wajah, seperti dahi, hidung dan dagu.

2.      Memiliki pori-pori yang tampak besar,

3.      kulit yang kusam dan mengkilat

4.      Lebih mudah berkomedo dan berjerawat

Cara merawat kulit berminyak

Sama halnya dengan kulit kering, kulit yang berminyak juga membutuhkan perawatan yang khusus agar tidak mudah berjerawat dan terlihat bersih dan segar.

  1. Jangan memencet atau memecahkan komedo dan jerawat. Hal ini akan memperpanjang proses penyembuhannya.
  2.  Gunakan jenis pembersih yang ringan, khusus untuk kulit berminyak, dan jangan digosok.
  3. Bersihkan kulit atau wajah tidak lebih dari dua kali sehari, dan setelah melakukan aktifitas berat atau setelah berkeringat.
  4. Gunakan produk berlabel “bebas komedo”, karena produk seperti itu cenderung tidak menyumbat pori-pori ketika digunakan
Demikian dua jenis kulit dan cara perawatannya. Mulailah untuk mengenali jenis kulitmu mlai sekarang. Selamat bertumbuh cantik, ya! []


 

Komentar