Bunga Sebagai Hadiah Ulang Tahun Berdasarkan Bulan Lahir


sumber : Pexels.com
sumber : Pexels.com

Say it with flower-

Entah siapa yang mengatakan itu pertama kali. Bunga bisa lebih bermakna ketimbang hanya sekedar kata-kata. Sepertinya begitu. Perempuan mudah luluh pada hal-hal yang manis bukan? Tentu akan merasa spesial ketika mendapat perhatian semisal hadiah bunga dari gebetanmu atau teman-teman di momen tertentu. Misalnya saja di hari ulang tahun.  Rupanya merayakan hari ulang tahun dengan menggunakan bunga pertama kali dilakukan oleh bangsa Romawi.  Kemudian bahasa bunga diperkenalkan di Inggris pada awal abad ke-18 oleh Lady Montague istri dari duta besar Inggris, Mary Wortley. 

Tapi tahukah kamu, rupanya setiap bulan lahir memiliki lambang bunganya masing-masing yang mungkin saja bisa menggambarkan karakter dari masing-masing individunya. Bunga-bunga tersebut juga memiliki makna yang dalam. Mau kasih kado bunga yang sesuai bulan untuk gebetan atau temanmu, jomb? Let’s check it.

1.      Januari (carnation/Anyelir)

Carnation atau anyelir juga biasa disebut Gillyflower, ditemukan dalam berbagai warna dari merah muda hingga ungu kemerahan. Selama ini bunga carnation dianggap memiliki arti yaitu cinta, daya tarik, harga diri, kecantikan, kemurnian, perbedaan, kekaguman dan Kesetiaan. Warna bunga Anyelir dapat melambangkan sentimen atau emosi tertentu. Carnation pink berarti kasih sayang, sementara rangkaian bunga carnation merah berarti cinta dan kasih sayang. Anyelir putih berarti keberuntungan sedangkan bunga carnation kuning menunjukkan kekecewaan. Selain itu bunga carnation yang bergaris2 memberi simbol penyesalan atas cinta yang tak terbalaskan, warna ungu mengartikan ketidaktetapan, merah muda artinya romantis dan cinta yang tak pernah mati.

2.      Februari (Violet)

Bunga violet selain memiliki warna ungu juga ada yang berwarna putih, biru, kuning dan krim. Arti bunga violet adalah kesetiaan, kebijaksanaan, kerendahan hati dan harapan. Hari Valentine yang jatuh pada bulan Februari sering dikaitkan dengan bunga mawar merah. Padahal bunga kelahiran bulan februari adalah Violet. Di jaman Victoria pemberian bunga violet menyampaikan pesan “I’ll always be true“.

3.      Maret (Daffodil/(bakung)

Warna bunga daffodil yaitu putih, kuning dan oranye. Maret adalah bulan yang identik dengan awal musim semi di belahan bumi utara. Bulan kelahiran bakung atau daffodil identik dengan musim semi karena merupakan lambang awal yang baru dan kelahiran kembali. Arti bunga daffodil yaitu musim semi, kelahiran kembali, kebahagiaan, rasa hormat, penghargaan dan persahabatan. Bunga daffodil yang dihadiahkan sebagai hadiah ulang tahun bisa mneyampaikan makna persahabatan dan kebahagiaan. Atau sumber lain mengatakan bahwa bunga daffodil bisa digunakan untuk memberitahu jika anda merasakan perasaan yang sama terhadap dia. Di Cina bunga daffodil ini juga mempunyai arti penting  yaitu simbol keberuntungan dan kekayaan. Karena bunga daffodil  tumbuh pada awal-awal tahun, bunga ini juga dijadikan sebagai simbol tahun baru imlek Cina, dan jika bunga daffodil anda mulai tumbuh di saat-saat imlek tahun baru maka dipercayai akan memberi extra-keberuntungan atau hoki bagi si pemilik. 

4.      April (Daisy)

Kebanyakan bunga Daisy ditemui berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna merah, kuning, dan ungu. Bunga daisy memiliki bentuk yangs sederhana, memiliki bundaran yang lebar di tengah dan dikelilingi oleh petal-petal yang seperti sinar matahari, mungkin karena inilah bunga ini mulai disebut jenis bunga sunflower. Salah satu ciri bunga ini yaitu membuka petalnya pada pagi hari saat matahari terbit dan menutupnya kembali pada saat matahari terbenam. Arti bunga daisy adalah cinta, masa muda, dan kemurnian. Selain daisy bunga kelahiran bulan april lainnya adalah sweet pea. Bunga sweet pea melambangkan kesenangan atau selamat tinggal. Dalam era Victoria, buket bunga sweet pea yang dikirim ke seseorang berarti ia menyampaikan rasa terima kasih.

5.      Mei (Lily of the Valley)

Bunga lily of the valley umumnya berwarna putih dan mencerminkan kelembutan dan keramahan. Lily memiliki bentuk yang lucu, tanaman ini terdapat bunga bunga yang wangi dan harum berbentuk seperti lonceng lonceng yang bergantungan di setiap tangkainya. Arti bunga lily of the valley yaitu kerendahan hati, kesucian, dan kemanisan. Juga dipercayai membawa keberuntungan dalam dunia percintaan maka dari itu tidak heran jika bunga ini sering ditemukan dalam penataan untuk bunga2 pernikahan.  Dalam era Victoria, rangkaian bunga lily unik ini menyampaikan pesan yang romantis ‘Kau telah melengkapi hidupku’. Aroma wangi dari bunga langka ini juga menandakan kembalinya kebahagiaan.

6.      Juni (mawar/Rose)

Mawar merupakan bunga yang paling populer dalam memberi ucapan untuk seseorang. Pada umumnya mawar ditemui memiliki warna merah, putih, kuning namun ia memiliki banyak warna. Masing-masing warna tersebut dapat melambangkan pesan tertentu. Mawar kuning atau oranye artinya pasangan anda minta putus atau artinya slow-down alias jangan terburu-buru karena bagi sebagian orang mawar kuning mempunyai arti “cinta yang mati”. Merah-muda memberi arti “you are so sweet” atau tanda kekaguman. Untuk mewakili rasa persahabatan yang tulus biasanya mawar berwarna peach atau warna buah persiklah yang diberikan. Mawar putih mewakili arti keluguan atau kesucian dan biasanya orang-orang Eropa atau Barat suka memberi mawar warna ini pada anaknya. Mawar ungu atau purple mewakili cinta pada pandangan pertama atau cinta abadi dan biasanya mawar warna purple ini dijadikan sebagai hadiah di hari jadi pernikahan ke 25 atau digunakan sebagai bunga kenangan atau memorial pada pasangannya yang telah tiada. Arti bunga mawar secara umum adalah cinta dan apresiasi.

7.      Juli (Larkspur/dhelpinium)

Bunga lkspur umumnya memiliki warna pink, putih dan ungu. Ada arti yang berbeda untuk setiap warna bunganya. Lakspur pink menunjukkan suka menentang, bunga lakspur putih mengungkapkan kesenangan, dan lakspur ungu berarti cinta pertama. Arti umum dari bunga lakspur adalah ikatan cinta yang kuat.  Larkspur melambangkan hati yang terbuka dan keterikatan. Mencerminkan perasaan tanpa beban, bunga kelahiran musim panas ini juga mengungkapkan kecantikan alami yang khas.

8.      Agustus (Gladiol)

Julukan lain dari bunga gladiol ini adalah “sword lily” atau pedang kecil dikarenakan bentuknya yang merupai. Bunga gladiol tersedia dalam berbagai warna seperti merah, pink, putih, kuning oranye dan memiliki kelebihan yaitu tahan lama. Arti bunga gladiol yaitu kekuatan karakter, integritas moral, ketulusan, kenangan dan jatuh cinta.

9.      September (Aster)

Aster atau bunga bulan kelahiran September ditemukan dalam sejumlah warna yaitu merah muda, merah, putih, ungu dan ungu muda. Nama bunga aster berasal dari kata Yunani yang berarti bintang. Aster seringkali dihargai karena kesederhanaannya. Menurut sumber lain, di zaman dahulu para gadis menggunakan bunga aster sebagai penghias rambut mereka untuk menunjukkan kepolosan dan kesederhanaan seorang remaja. Bunga aster yang dihadiahkan oleh seorang gadis juga dianggap sebagai penghormatan dan tanda kasih sayang. Ia sering digunakan untuk mengekspresikan bahasa cinta dengan cara yang spesial. #Uweleh Menurut cerita mitologi Yunani, bunga ini terbentuk ketika dewi Asterea Yunani menangis, sehingga bunga ini dianggap sebagai pesona cinta yang memiliki kekuatan mistik.

Arti bunga aster yaitu kesabaran, cinta, iman, kehalusan dan kenangan. Bunga ini menyampaikan kasih sayang yang dalam.

Baca juga : cara-membedakan-kulit-kering-dan.html

10.  Oktober (Marigold atau calendula)

Umumnya Marigold berwarna kuning. Arti bunga marigold adalah hangat dan dahsyat. Bunga bulan kelahiran Marigold melambangkan keanggunan dan pengabdian. Namun dalam budaya Inggris marigold bermakna kesedihan dan simpati. Bagi umat Hindu bulan Oktober dikaitkan dengan festival seperti Dusshera dan Diwali dan bunga keberuntungan Marigold adalah bagian dari upacara keagamaan. Bunga calendula ini juga dijadikan sebagai bunga yang paling sakral di India dan biasanya diletakkan seperti kalung di leher leher patung dewa mereka.

11.  November (Krisan/Chrysanthemum)

Warna bunga krisan bervariasi seperti merah-muda, oranye, merah, merah gelap, dan kuning. Warnanyapun bervariasi seperti merah-muda, oranye, merah, merah gelap, dan kuning. Arti bunga bulan kelahiran krisan adalah kebaikan, persahabatan, keceriaan, cinta dan kegembiraan. Menurut Feng Shui, bunga Krisan akan membawa kebahagiaan dan tawa di rumah seseorang.

12.  Desember (Poinsettia atau Narcissus)

Bunga Poinsettia tersedia dalam tiga warna yaitu merah, putih dan Pink. Poinsettia dikenal sebagai bunga natal. Menurut sebuh cerita, terdapat seorang anak kecil yang tidak mampu memberikan hadiah kepada Tuhan Yesus pada malam Natal dan dia memutuskan untuk memilih sebuah tanaman yang dicarinya di pinggir jalan, anak kecil tersebut diberitahu jika hadiah untuk Tuhan Yesus asal disertai dengan hati yang tulus dan cinta maka akan diterimaNya apapun bentuknya. Setelah itu tanaman yang diberikannya itu pun tumbuh menjadi bunga dengan warna merahnya yang mengkilau yang sekarang kita kenal dengan nama bunga poinsettia.  Arti bunga Poinsettia yaitu pemberian semangat dan kesuksesan. Arti bunga narcissus melambangkan kemanisan. Bila anda menerima bunga ini sebagai hadiah, berarti si pengirim berusaha mengatakan “You Are The Special One”.

Nah, itu tadi berbagai bunga yang mungkin bisa mewakili bulan lahir sebagai hadiah ulang taun yang manis. Umumnya semua bunga melambangkan cinta dan yang pasti mampu memberikan makna yang dalam dan berkesan untuk orang special. You wanna try?[]


Komentar