Mengetahui Kandungan dan Manfaat yang Terdapat pada Daging Sapi

 


sumber : Pexel.com

Sebagai pendatang di kota Surabaya, Idul Adha lalu saya dan suami tidak kebagian daging kurban. Huehehe. Akhirnya saat adik suami saya mengunjungi kami di Surabaya, berbagai macam menu daging sapi dan kambing ikut dititipkan oleh ibu-ibu kami dari Madiun. Ada krengsengan kikil kambing, lapis daging sapi dan rendang. Tidak lupa sekresek mangga pencit untuk menantunya yang sedang ngidam ini. Hehe.

Perayaan Idul Adha memang menjadi pesta daging hampir di seluruh Indonesia yang mayoritas muslim. Daging sapi menjadi salah satu jenis daging yang cukup favorit, sebab selain memiliki rasa yang enak baunya juga tidak terlalu menyengat seperti kambing. Selain itu, kandungan protein yang dimiliki daging sapi juga cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan pada daging sapi

Selain memiliki kandungan protein cukup tinggi, daging sapi juga mempunyai kandungan nutrisi lainnya. Mulai dari vitamin B3, fosfor, zinc, vitamin B12 dan lain-lain. Berikut ini informasi mengenai kandungan pada daging sapi 100gram dengan 80% daging tanpa lemak serta 20% lemak menurut Nutrition Advance.

·                        Lemak jenuh 6.6 gram

·         Kalori 272 Kcal

·         Lemak 17.4 gram

·         Karbohidrat 0 gram

·         Lemak tak jenuh tunggal 7.7 gram

·         Lemak tak jenuh ganda 0.5 gram

·         Omega 3 46 mg

·         Omega 6 401 gram

·         Sodium 4%

·         Tembaga 4%

·         Kalsium 3%

·         Magnesium 1%

·         Selenium 31%

·         Protein 27 gram

·         Vitamin B2 11%

·         Vitamin B12 48%

·         Vitamin B3 29%

·         Vitamin B3 29%

·         Vitamin B6 21%

·         Vitamin B5 8%

·         Vitamin B1 2%

·         Vitamin E 2%

·         Vitamin K 2%

·         Folat 3%

·         Zinc 43%

·         Zat besi 15%

·         Magnesium 6%

·         Fosfor 23%

·         Kalium 11%

Kandungan tersebut terdapat pada daging sapi mentah dan jumlah nutrisinya bisa berubah setelah daging sapi tersebut diolah. Selain mempunyai kandungan mineral dan vitamin seperti diatas, juga terdapat kandungan antioksidan dan zat bioaktif pada daging sapi, seperti carnosine, taurine, asam linoleat terkonjugasi, creatine dan lainnya.

Manfaat konsumsi daging sapi


sumber : pexel.com

1.      Meningkatkan kerja otot

Senyawa carnosine yang terdapat pada daging sapi, sangat baik untuk fungsi otot kamu. Carnosine tersebut dibentuk dari beta-alanine yang merupakan asam amino pada daging sapi dan juga ikan. Dengan mengkonsumsi daging sapi, Kamu bisa memenuhi kebutuhan beta-alanine yang mampu meningkatkan carnosine di dalam otot. Kadar carnosine yang tinggi dipercaya mampu meningkatkan kerja otot serta menurunkan resiko kelelahan.

2.      Mencegah anemia

Manfaat daging sapi selanjutnya adalah dapat mencegah anemia. Daging sapi tak hanya mampu menyediakan sumber zat besi tetapi juga membantu penyerapan zat besi dari sumber nabati. Maka, mengkonsumsi daging sapi cukup efektif mencegah penyakit anemia defisiensi besi.

3.      Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa daging sapi bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Sebab memiliki kandungan lemak jenuh yang berbahaya. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak agar lebih sehat.

Selain itu, daging sapi juga memiliki kandungan vitamin B kompleks dan kandungan antioksidan lainnya yang mampu menurunkan resiko penyakit jantung.

4.      Sumber vitamin B kompleks

Selanjutnya manfaat daging sapi sebagai sumber vitamin B kompleks. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa vitamin B komoleks memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh salah satunya menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu, tubuh membutuhkan vitamin B kompleks agar bisa bekerja dengan baik sesuai fungsinya.

Sumber vitamin B kompleks pada daging sapi sangat baik untuk tubuhmu. Terdapat kandungan B12 yang baik untuk sistem saraf, B3 yang baik untuk sistem pencernaan dan B2 yang baik untuk kesehatan mata dan kulit.

Nah itu tadi beberapa manfaat dari daging sapi yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsinya. Daging sapi enak diolah menjadi berbagai masakan, namun perhatikan juga resep daging sapi empuk agar tidak alot saat dimakan. Selamat menikmati.

Komentar