Segera Temukan Cara Mengatasi Galau Sebelum Bahaya ini menyerangmu!

sumber : Pexels.com

Masa muda merupakan masa penghabisan jatah gagal. Sejatinya masa muda punya banyak definisi yang bisa kamu maknai secara subjektif. Di masa peralihan masa kecil menuju dewasa ini, kamu mendapatkan banyak hal baru yang menyenangkan sekaligus membuat galau. Hingga bingung mencari cara mengatasi galau tersebut.  

Kamu mulai mengenali yang namanya cinta, persahabatan, patah hati, kecewa, pertemuan, perpisahan dan hal-hal lain yang sejatinya telah kamu rasakan sejak kecil, namun lebih bermakna di masa ini.

Apalagi energi di masa muda memang sedang penuh-penuhnya. Kamu seringkali menjajali masuk dalam dunia baru dan menemukan ketertarikan atau minat pada sesuatu. Tentu hal ini adalah positif jika menjadikan kamu sebagai anak muda mampu mengembangkan diri, berproses menjadi manusia yang lebih baik.

Lalu selain sibuk merancang mimpi, kamu pun mulai menemukan cinta dalam hidup ini. Bertemu banyak manusia dan membentuk ikatan sosial dengan mereka. Hidup mulai terasa indah. Segala rasa muncul dalam dada. Manis, asam, pahit menjadikan hidup di masa muda menjadi lebih terasa. Sebab di masa muda kamu memiliki emosi yang belum stabil, maka galau menjadi hal yang lumrah kamu rasakan juga. 

Mengenali Bahaya Akut Jika Tidak Segera Ditemukan Cara Mengatasi Galau

sumber : Pexels.com

Tapi tahukah kamu? Rupanya galau yang berlebihan memiliki efek yang buruk untuk kamu sebagai anak muda. CEO The Royal Society for Public Health yaitu Shirley Chamer menyebutkan, ada banyak anak muda yang mengalami galau dan cemas sebagai bagian dari kehidupan sehari-harinya.

Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal seperti tidak memiliki pekerjaan, rutinitas, hobi dan lainnya. Alasan ini yang memungkinkan seseorang lebih mudah merasa cemas. Masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan berlebihan dapat memberi dampak buruk dalam kehidupan anak muda. Hingga mampu mempengaruhi rasa percaya diri, hubungan hingga prospek pekerjaan

Bahkan di dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa galau yang berlebihan bisa menciptakan plak di otak yang dalam waktu lama bisa memicu penyakit Alzheimer! Dr. Yuda Turana, Sp. S, Depr Neurologi dari UNIKA Atma Jaya juga mengungkapkan bahwa penyebab dari penyakit Demensia Alzheimer di masa tua dapat disebabkan karena gaya hidup di masa muda.

Segera temukan cara mengatasi galau. Sebab apabila tidak segera ditangani, seseorang yang berada pada kondisi galau akut akan mempunyai emosi yang cenderung tidak stabil dan dengan cepat berubah-ubah. Hal ini rupanya mampu melukai sistem fungsional otakmu.

Di era modern saat ini, rupanya perasaan galau meningkat tajam terutama ketika gadget mulai menjadi suatu kebutuhan vital terutama untuk anak muda yang pingin selalu ngehits. Dari tribunnews.com menyebutkan penelitian terbaru menemukan bahwa satu diantara empat orang yang berusia 18-24 tahun, seringkali merasa kesepian. Dari 24 persen orang mengatakan bahwa mereka tidak merasa memiliki teman untuk bicara. Penelitian ini tentunya juga membuktikan bahwa rupanya anak muda di masa sekarang, yang hidup di era lebih modern lebih rentan untuk merasakan kesepian. Hal tersebut rupanya diperparah oleh media sosial yang seringkali memenuhi hidupnya.

Media sosial tanpa sadar mampu memberikan rasa iri pada kehidupan sempurna yang ditampilkan pengguna media sosial lainnya, atau bahkan mampu memberikan rasa kecewa yang mendalam apabila lingkaran sosial di kehidupan realitamu tidak seluas lingkaran sosial di dunia maya.

Sesekali berpuasa dari gadget dan sosial mediamu bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kewarasan. Dibarengi rasa syukur atas apa yang kamu punya sekarang ini. Sebisa mungkin menghindari penggunaan gadget jika tidak diperlukan, untuk lebih bersosialisasi dengan manusia-manusia di sekeliling kamu yang tentunya lebih nyata ketimbang sekedar ber haha-hihi dalam layar, meski pada kenyataannya bibir kamu tak sedang tertawa.

Cara mengatasi galau juga bisa dilakukan dengan banyak bergaul di kehidupan nyata.  Mencari minat dan hobi yang kamu senangi akan menambah rasa percaya diri dan juga teman bertukar cerita. Agar hidup kamu sebagai anak muda, bisa lebih bermanfaat dan berkembang menjadi lebih baik.


 

 

 

            

Komentar