Obat Maag Alami dari Tumbuhan yang Bisa Kamu Coba

 



sumber : Pixabay.com

Saya menderita sakit maag sudah sejak lama. Terutama saat telat makan atau jam makan yang tidak beraturan. Tetapi suami lebih parah lagi rupanya. Beberapa waktu lalu maagnya kambuh sebab makan makanan yang terlalu pedas, hingga akhirnya hanya dibolehkan makan bubur hingga seminggu lamanya. Di sela-sela itu, biasanya saya menyiapkan obat maag alami dari tumbuhan kunyit untuk meredakan nyeri.

Maag memang menjadi gangguan lambung yang begitu mengganggu. Apalagi rasa sakitnya dapat menyerang kapanpun dan dimanapun, sehingga membuat si penderitanya merasa mual, nyeri di ulu hati, perut kembung hingga muntah. Apalagi jika mengalami maag kronis yang bisa terjadi secara berulang serta dalam jangka waktu lama.

Maka dari itu, jika kamu mengalami maag harus segera diatasi agar tidak terlalu lama mengganggu aktivitas. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan yaitu mencoba obat maag tradisional kunyit atau tumbuhan lainnya.

Macam-Macam Obat Maag Alami dari Tumbuhan


sumber : Pixabay.com

1.      Kunyit

Kunyit menjadi salah satu rempah andalan saya ketika perut suami terasa nyeri karena maag. Katanya rasa nyeri tersebut akan terasa lebih mendingan setelah meminum ramuan yang saya bikin. Kunyit memang merupakan obat herbal tradisional yang cukup ampuh meredakan asam lambung sebagai penyebab heartbun saat sakit maag.

Hal ini dikarenakan kunyit mempunyai kandungan polifenol yang merupakan senyawa antioksidan yang bersifat anti radang. Pada sebuat studi juga disebutkan bahwa kunyit mampu mencegah GERD (Gastroesophageal Disease.

2.      Jahe Merah

Selanjutnya ada jahe merah yang dipercaya mampu mengurangi sakit maag. Jahe merah merupakan obat tradisional bersifat gastroprotektif yang bekerja dengan cara menekan si penyebab naiknya asam lambung yaitu Helicobacter pylori. Bakteri ini hidup di lingkungan yang asam, sehingga saat jumlahnya sangat banyak dan tak terkendali mampu menyebabkan maag.

Jahe merah juga bersifat anti peradangan sehingga mampu meredam mual dan muntah yang Anda rasakan saat maag menyerang. Konsumsi jahe merah dengan cara digeprek kemudian tambahkan air panas dan sedikit gula. Minum wedang jahe tersebut saat hangat.

3.      Madu dan Royal Jelly

Si manis yang satu ini rupanya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit maag alami, lho. Kombinasi madu dan royal jelly dipercaya mampu meredakan sensasi heartbun, mencegah asam lambung naik serta menyembuhka peradangan. Madu dapat membantu melapisi dinding kerongkongan ( esofagus) serta lambung.

Selain itu, madu juga memperbaiki fungsi dari cincin esofagus sehingga cairan asam lambung serta makanan naik ke kerongkongan. Nikmati madu dan royal jelly bersama dengan jahe hangat agar masalah maagmu dapat teratasi dengan nyaman.

4.      Daun Mint

Daun mint sejak dulu seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti maag. Obat alami ini mampu meredakan gejala maag seperti mual, nyeri ulu hati dan perut kembung. Daun mint mampu merilekskan otot perutmu yang sakit sebab perut yang kembung dengan cara mendorong gas keluar dari lambung. Namun jika Anda mengalami gangguan GERD, sebaiknya hindari mengonsumsi daun mint.

Nah itu tadi beberapa Obat Maag Alami dari Tumbuhan yang bisa Anda manfaatkan saat sakit maag menyerang. Sebaiknya hindari stress, kurangi makanan terlalu pedas, berlemak serta terlalu asam agar penyakit maag tidak kembali. Selain itu, konsumsi makanan bergizi dan perhatikan pola makan Anda ya. Semoga bermanfaat !

Komentar